KULIAH DI POLSRI? (Part 3)

 

20141204124805

Bersama sebagian temen kelas, jaman semester akhir cari judul.

 

Ini Sambungan dari tulisan saya sebelumnya, jadi silahkan baca yang sebelumnya biar connect hihi. Part 1 , Part 2 .

Setelah dua jurusan paling tua di Polsri yang saya ceritakan, kali ini mau cicil jurusan-jurusan lain. Which means not my major, jadi maaf kalau tidak detail.

Teknik Elektro, ini jurusan ketiga di polsri (berdasarkan usia) kalau bicara tentang elektro itu selalu teringat dengan gedung kuliah dan parkiran motor hehe. Mahasiswa terbanyak dimiliki jurusan ini, karena mereka memiliki program studi yang banyak. Kalau tidak salah jumlahnya 3 kali lipat jurusan saya, dan jangan dibandingkan dengan jurusan yang menerima sedikit mahasiswa seperti bahasa inggris pasti jauh sekali selisihnya. Jadi jangan heran nanti kalau dipolsri akan banyak jas lab atau baju bengkel berwarna biru berseliweran dimana-mana. 3 main major mereka itu di jenjang D3 adalah Teknik Listrik, Teknik Elektro, dan Teknik Telekomunikasi. Warna bendera jurusan ini Biru. Kalau Teknik Sipil kan warnanya coklat, dan Teknik Mesin Biru Dongker. Meski satu jurusan tapi ketiga prodi D3 elektro punya warna yang berbeda dalam baju bengkel, seperti teknik elektro yang biru langit, teknik listri biru muda, dan teknik elektronika biru pucat. Sekarang elektro juga punya Diploma 4. Setau saya ada D4 Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro, dan Teknik Mekatronika (gabungan teknik mesin dan elektro jadi nanti kuliahnya ada juga materi mesin).

Di elektro sendiri banyak kelas kerjasama, ada kerjasama GMF seperti Teknik Mesin ada juga PLN tapi sepertinya PLN sudah tidak lagi membuat kerjasama untuk tahun 2016. Tapi untuk masing-masing prodi di elektro itu ditentukan dari awal masuk ke Polsri, berbeda seperti Teknik Sipil dan Teknik Mesin yang dipisah ketika sudah berkuliah 2 semester. Untuk Elektronika, lebih kearah elemen-elemen dasar gitu (kata temen), untuk Telekomunikasi itu mengarah ke signal dan segala macem berhubungan dengan itu, untuk Teknik Listrik lebih kearah perlistrikan. Bingung? Sama saya juga bingung menjelaskan detailnya. Kalau di Universitas dibagi menjadi Tegangan Tinggi (Listrik), Tegangan Rendah (Telekomunikasi), dan Elektronika.

Teknik Kimia, jurusan dengan populasi mahasiswa terbanyak kedua setelah Teknik Elektro. Saya tidak sabar menjelaskan jurusan ini karna mereka akan berkeliaran dimana-mana seantero kampus, dengan setumpuk buku dan kertas. Merekalah mahasiswa full time di mata saya, hahaha. Karna selalu wara-wiri laboratorium dan membuat laporan. Seisi perpustakan itu rata-rata anak tekim, di gazebo kampus, di kantin kampus, di koridor kampus. Karena memang laporan itu bagi mereka bagaikan sahabat dekat yang dibawa kemana-mana. Harus selesai saat itu juga, dan setiap mata kuliah seperti itu di tingkat dasar. Saya sering kasihan sama mereka, tapi prospek kerja mereka cukup menjanjikan. Teknik Kimia punya ahli jenjang, D3 bisa melanjut ke D4. Ada juga jenjang Diploma 4 dari awal yaitu Teknik Energi dan Teknik Kimia Industri.

Akuntansi, wiiiiih ini jurusan katanya jurusan favorit di Polsri dengan peminat terbanyak setiap ujian masuk. Saya kebetulan tidak ikut ujian masuk, jadi saya juga kurang tau betapa banyak peminat secara langsung. Akuntansi ini dihuni oleh para wanita dan lelaki yang wajib berpenampilan menarik. Jadi wajar saja jika banyak lelaki yang mengincar wanita akuntansi di polsri. Mereka akan berpakaian seragam, dan mengenakan heels saudara-saudara. Kalau disandingkan dengan wanita teknik apalah jadinya kami wanita teknik. Sampai-sampai ada rumor bahwa ada seleksi foto juga untuk masuk jurusan akuntansi ini, karna memang rata-rata charming. Untuk para lelaki akuntansi mereka jarang berpenampilan acak-acakan. Bahkan dihari yang membebaskan pakaian seragam yaitu hari Jum’at. Rata-rata mereka tetap menggunakan sepatu sewajarnya dan kemeja batik layaknya eksekutif muda. Selain dari sisi penampilan, akuntansi memang memegang predikat kembar secara tersirat dengan jurusan yang gedung kuliahnya ada didepan mereka yaitu Administrasi Bisnis.

Di Akuntansi sudah ada jenjang Diploma 4 dari awal, yaitu Akuntansi Sektor Publik yang materi kuliahnya kalau tidak salah memang lebih makro dibanding program studi lainnya yang general. Seragam program studi pun berbeda meski satu jurusan. Jangan salah berfikir bahwa ketika jurusan tata niaga seperti Akuntansi ini tidak memiliki laboratorium, mereka tetap ada praktiknya bahkan ada lomba typing tercepat gitu di jurusan akuntansi. Semua di Polsri tetap ada praktiknya. Karna memang soft skill diperlukan. Sekarang juga sudah ada ahli jenjang D4 Akuntansi untuk menyambung diploma 3 ke diploma 4.

Administrasi Bisnis, jurusan ini paling sering membuat mahasiswanya benar-benar praktik bisnis. Nanti kalau kalian ke polsri di akhir-akhir semester, akan ada mahasiswa yang berjualan untuk mata kuliah mereka kebanyakan sih dari Administrasi Bisnis. Yap, Adm Bisnis adalah jurusan tata niaga di polsri dengan penampilan khas yaitu seragam dari senin sampai kamis. Seperti akuntansi yang mewajibkan wanita pakai heels dan lelaki pakai sepatu kulit gitu. Adm bisnis juga punya laboratorium di dalam gedung jurusannya. Ada lab pengetikan, ada lab macem-macem deh yang beneran dipake di dunia kerja. Setau saya juga untuk Diploma 4 sekarang ada yang namanya UPW yaitu Usaha Pariwisata yang satu tahun lebih dulu dibanding adiknya yaitu Prodi Manajemen Bisnis D4.

Sekian dulu ya postingannya, meski ada beberapa jurusan dan Prodi lagi yang belum saya bahas tunggu di postingan yang berikutnya ya. Kalau ada yang mau ditanya langsung ke sosial media saya saja ya. Atau bisa daftarkan emailnya ke blog ini (disamping) agar setiap update langsung terkirim di email. Jika ada yang ingin diketaui, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini. Terima Kasih

27 thoughts on “KULIAH DI POLSRI? (Part 3)

    • PJJ hanya menerima 2 kelas. 1 Pagi, 1 Siang. (Limited Seat banget hhe) Karna susah untuk menambah kelas menyesuaikan kerja praktek di bengkel dan lab. 1 kelas 24 orang. Untuk kelas Pagi sendiri, nanti diisi sama anak-anak jalur tanpa tes, ada bidik misi – prestasi – dan pmdk (sekarang snmptn ya?).

      Jaman kakak, untuk jalur tanpa tes sendiri 8-10 orang. Jadi jalur tes tulis dikurangin aja hehehe. Untuk kelas sore tetap 24 orang.

      • Jadi untuk kelas pagi, yang tes tulis biasanya 24-10 = 14 orang peringkat teratas tes tulis masuk kelas pagi PJJ-A. Dan di kelas siang 24 orang sesuai peringkat juga, peringkat ke 15 sampai 39.

        Tapi angkanya tentatif ya, berubah setiap waktu. Yang tetap hanya 24 mahasiswa per satu kelas. Itu aturan di polsri. Semoga menjawab🙂

    • 6 kelas, Pagi 3, Siang 3. Biar nanti bagi konsentrasi gampang. Tapi katanya ada UMM, nah itu saya kurang paham. Setau saya teknik sipil (d3 atau d4) susah nambah kuota kelas, karna menyesuaikan jadwal bengkel dan lab yang udah pas-pasan banget jadwalnya ke UTS. Tapi entahlah.

      Btw 1 Kelas, 24 Mahasiswa.

    • Halo haikal!.

      Iya nih maaf ya Teknik Komputer sama Bahasa Inggris belum dibahas sampe UMPN kelar, karna saya nulisnya berdasarkan usia jurusan.

      Nanti secepatnya saya bikin, (ingetin terus ya, comment tiap hari biar masuk diemail saya). Saya tanya2 temen jurusan tsb dulu.

      Hehehe

    • halo! Maaf ya belum sempat untuk dituliskan dalam sebuah artikel karna waktu belum memungkinkan. ditunggu ya.

      MI itu belajar tentang program, gimana membuat sebuah program dan membuat sistem yang baik.

  1. kak, bahas jurusan UPW dong secara singkat aja. penasaran, soalnya saya alhamdullilah jadi calon mahasiswa tahun ini dan ambil jurusan UPW.

  2. kak mau nanya , untuk yg d3 adm bisnis pake heels ada aturan tingginya berapa ngga? Trus kpm nya nanti kapan dibagi kak? Makasih sebelumnya:)

    • setau aku standard, trus pas liat temen-temen juga kadang ada yang pake flat shoes. tinggi heels biasa, ngga terlalu ceper dan ngga terlalu rendah. persis heels kerja lah, kan ngga mungkin tinggi banget dan ceper banget.

      kpm itu apa ya? Kartu Tanda Mahasiswa kali, itu nanti ketika kalian udah masuk kuliah beberapa minggu. Diksarmil aja dulu hahahaha

  3. Kak, lulusan Pjj itu gmna kak? Dari segi peluang kerja sama sdm keluaran dri Pjj itu sendiri gmna kak kualitas nya?? Login dijalan kak. Hehe

Harap tinggalkan pesan, kesan, bahkan pertanyaan.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s