Deklarasi Mahasiswa

AYO!

AYO!

created by Mona Khoirunnisah, disampaikan pada Seminar Nasional 2014

Deklarasi Mahasiswa Indonesia menolak Kapitalisasi Energi  Nasional

Aliansi Mahasiswa Peduli Energi Untuk Rakyat

Sumatera Selatan

 

Sebelum Bung Karno membacakan Naskah Proklamasi, bung Karno sempat menyampaikan

pidato penghantar di 17 Agustus 1945 dan kalimat berikut  adalah bagian dari Pidato Beliau.

“ Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil sikap nasib bangsa dan nasib tanah air kita di dalam tangan kita sendiri. Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri akan dapat berdiri dengan kuatnya. “

69 Tahun sudah, semenjak kalimat itu dikumandangan Sang Proklamator, sudahkah bangsa ini berani mengambil nasibnya dengan kekuatannya sendiri? Pangan, Birokrasi, Energi, Perpolitikan, dan masih banyak lagi, sudahkah benar-benar dikelola dari anak bangsa oleh anak bangsa dan untuk anak bangsa?

Siapa yang memungkiri kekayaan alam yang dilimpahkan Tuhan ke tanah air tercinta ini? Berlimpah ruah. Dahulu di jaman kolonial, Penjajah datang ke Indonesia merebut rempah-rempah, memperbudak pribumi, membawa harta-harta Indonesia untuk dibawa kenegaranya. Sadarkah kita, jika kita sekarang mengalami hal serupa?

Jangan sampai kita yang disuguhi tekhnologi dan berbagai fasilitas yang bermula dari asing tak lebih baik dari jaman dulu, yang hanya beda kostum, yang hanya beda kendaraan, yang hanya beda rupa peradaban, namun esensi penjajahan tetap kita rasakan perlahan nan pasti menggerogoti bangsa kita yang kaya raya ini.

Masih mau berdiam dirikah kalian wahai pemuda – pemudi bangsa? Harga diri Indonesia sedang dicabik dengan cara yang elegan oleh Asing. Bahkan beberapa pribumi pun bekerja sama dengan Asing melalui lembaga-lembaga legal negara, Mereka tega memperjual belikan Harga Diri Indonesia yang sama saja menggadaikan + 237.641.326 jiwa jumlah penduduk total  Indonesia dalam iming-iming kesejahteraan yang semu, dan menggadaikan 1.826.440 km2 luas daratan, 93.000 km2 luas lautan untuk dipermainkan asing dengan mudahnya.

Ini Negara siapa? Masihkah milik Kita?

Jika terus menerus begini, bahkan mungkin mustahil anak cucu kita nanti dalam kurun waktu berpuluh tahun dari sekarang bisa merasakan kekayaan alam ini. Bisa jadi seluruh elemen kehidupan bangsa indonesia sudah bukan lagi dalam otoritas Pemerintahan Indonesia namun Asing sudah terang-terangan mengatur kehidupan.

Dimana letak Kedaulatan?

Sinergisasi semua komponen penduduk Indonesia adalah hal yang mendasar dalam pergerakan merebut kembali Kedaulatan. Dan Energi adalah salah satu bidang dalam kehidupan bernegara yang sangat nampak dominasi Asing didalamnya, sedang Energi memegang peranan penting dalam keberlangsungan hidup rakyat. Ini konspirasi level tinggi.

Maka disinilah, kami bersama berkumpul dalam Aliansi ini, ingin bergerak sebagai bentuk Inovasi dalam Dedikasi  kepada Indonesia. Aliansi Mahasiswa Peduli Energi Untuk Rakyat, menjadi wadah mahasiswa-mahasiswa di wilayah Palembang untuk bergerak bersama, dalam satu harmonisasi pergerakan, tujuan dan fokus utama tentu Kesejahteraan Rakyat yang ditinjau dari aspek Kedaulatan Energi.

AMPERA, mencoba melaksanakan beberapa program kerja yang bersifat edukatif dan persuasif dalam penyadaran masyarakat akan Kedaulatan Energi. Dengan ini Kami Aliansi Mahasiswa Peduli Energi Untuk Rakyat menyatakan:

Penolakan terhadap Penguasaan Asing atas Migas di sejumlah Blok Migas Indonesia.

Jika Patih Gaja Mada pada masanya rela tidak bersenang-senang sebelum mempersatukan Indonesia dengan mengikrarkan Sumpah Palapa. Kami, Aliansi Mahasiswa Peduli Energi Untuk Rakyat Mengikrarkan Deklarasi ini sebagai bentuk bahwa kami anak bangsa Indonesia, yang menghirup udara Indonesia, menginjak tanah Indonesia, Makan dan Minum dari tanah nya Indonesia, tidak akan tinggal diam melihat Negara Kami tercinta ini diperdaya oleh Asing dan para pibumi sekutunya.

Mari kita menjadi bangsa yang Berdikari, Berdiri diatas Kaki Sendiri. Rebut aset Indonesia yang disita, Kelola untuk Kesejahteraan seluruh rakyat, Bukan waktunya menjadi pemuda yang hanya protes tanpa aksi dan solusi terhadap permasalahan bangsa ini. Bentuk perwujudan dari konsepsi sederhana bersama kami di Aliansi ini, adalah sebuah Deklarasi untuk sebuah Negara Kesatuan, yang tidak hanya tertera di Undang-Undang, namun benar-benar negara yang mempersatukan kekayaan alamnya dan mempersatukan pengelolaannya, demi Kesejahteraan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Salam Satu Jiwa, Salam Pembaharuan dari Sumatera Selatan, Salam Aliansi

Kedaulatan Energi !

Hidup Mahasiswa !

Merdeka!

Harap tinggalkan pesan, kesan, bahkan pertanyaan.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s