Imam Syafii: “Merantaulah”

jangan mengukung diri, disitu-situ saja

jangan mengukung diri, disitu-situ saja

Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman.

Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang.

Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti kerabat dan kawan.

Berlelah-lelahlah, manisnya hidup akan terasa setelah berjuang.

*** Imam Syafii ***

Memasuki penghujung tahun 2014, sudah 5 perjalanan jauh saya lalui (berkah yang luar biasa dari Allah swt). Dan masih ada beberapa destinasi hingga pergantian tahun nanti, semoga saja bisa terealisasi dan saya janji akan mencoba menuliskannya satu persatu.

Perjalanan internasional, sudah saya rancang dari dulu, meski hingga detik ini banyak sekali halangan menuju itu. Namun saya tidak akan berhenti berjuang, dan insyaAllah tidak akan menyerah untuk merengkuhnya. (Mungkin) Allah sedang memberiku waktu untuk berkeliling negeriku sendiri dulu, agar nanti aku sudah tau alasan kenapa aku tidak boleh terlalu terobsesi dengan negara luar sana, karena Negara ku ini sungguh Indah, sungguh kaya akan budaya dan alamnya.

Merantau, entah itu belajar, entah itu berkerja, entah itu berumah tangga, tak ada yang tau. Namun, tetap Indonesia lah Tanah Air beta🙂

Harap tinggalkan pesan, kesan, bahkan pertanyaan.

