Jelajah

Eropa

Eropa

1394444_10202664746646142_73499804_n

San Francisco

267622_10151230028757313_1628666729_n

Hingga Tua, kau tetap harus mau menjelajah, setidaknya ilmu pengetahuan

Menjelajah, apa yang sudah kau jelajahi?

Mengetahui, apa yang sudah kau ketahui?

Kita ini kecil sekali, sungguh tidak ada apa-apanya.

Mungkin yang selama ini kita selami hanya frasa kata, penggambaran mengenai suatu daerah, tapi perasaan menginjakan kaki di  tempat asing yang menyenangkan itu tidak bisa didistribusikan hanya lewat bacaan.

Aku pribadi sangat tergila-gila dengan negara-negara yang namanya bahkan jarang terdengar, entahlah. Aku merasa akan jadi orang asing yang kemudian mengenali dirinya sendiri ketika ada di fase asing tersebut. Dimana aku akan paham arti hiruk pikuk, seolah memulai hidup sebagai orang yang benar-benar baru, tak ada yang tau sejarahku disana, dan aku hanya akan mencoba menikmati setiap santapan keindahan yang terpampang.

Semoga segera bisa, menjelajah negeri-negeri asing, kemudian kembali dan berbagi. Begitu seterusnya, hingga aku merasa, pulang adalah tempat yang sudah teramat asing, lalu aku akan lebih tertarik pulang dan menjabarkan perasaan.

Harap tinggalkan pesan, kesan, bahkan pertanyaan.

