AKSI

TOA

Aksi memang menimbulkan semangat kebersamaan, tapi menurutku aksi harus ditinjau juga keefektifannya. Jangan sampai membuat para orang yang ikut aksi hanya diberkahi dengan letih dan pahala semu. Aku salut dengan teman-teman yang doyan aksi setiap ada isu. Aku juga salut dengan teman-teman yang bisa berorasi. Tapi aku jauh lebih salut dengan mahasiswa yang sudah bisa menyelesaikan sesuatu dengan diplomasi.

Entah itu harus diawali aksi terlebih dulu untuk didengar. Aku beberapa kali melihat langsung dan ada dikerumunan orang-orang yang aksi. Aku hanya bisa menerka-nerka, kenapa para perempuan berkerudung panjang ini begitu ulet dalam berjalan kaki, memegang bendera, memegang kotak sumbangan, memegang bunga untuk dibagikan?

Aku selalu berfikir bahwa aksi itu harus ada manfaatnya, Tujuan aksi harus bisa diraih, maksudku, Aku ikut aksi dan pemikiranku juga sebaiknya bisa diorasikan. Aku pernah melihat langsung bagaimana junior-junior ku dikampus begitu mudah diajak Aksi oleh beberapa organisasi, tanpa tau apa itu Tujuan dari Aksi tersebut. Alasannya ‘mau cari tau’, ini konsep abal-abal. Itu kurang lebih dimanfaatkan namanya.

Kenapa harus aksi? Aku selalu berfikir pula bahwa aksi adalah jalan terakhir ketika diplomasi sudah tidak bisa dijalankan lagi. Aku kecewa dengan para orang yang hanya ikut berjalan, bahkan kadang lebih sering berfoto dibanding berteriak. Ini keliru…

Aksi itu sebaiknya memang hal yang besar, biar didengar.

Aksi itu harus bawa perubahan, sesuai tujuan bersama.

Aksi itu adalah bentuk ekspresi pergerakan.

Jangan sampai ketika kamu aksi dan ditanya orang “Apa tujuanmu aksi? Esensi Aksi bagimu apa?” kamu tidak bisa menjawabnya.

Aksi-lah dengan sesuatu yang memang efektif, yang output nya jelas, dan yang paling penting sesuai dengan hati serta otakmu.

Salam Pergerakan!

 

Harap tinggalkan pesan, kesan, bahkan pertanyaan.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s