Masalah atau Tantangan


10434217_579038402209624_1183097836651300042_nAda yang bisa membedakannya dengan mudah? Mana yang masalah, mana yang tantangan? Jika ada, tolong ajari saya.

‘Saya punya Masalah’ dan karena ini adalah Masalah-Masalah yang menempa pribadi, saya merasa tertantang untuk menyelesaikannya. Lalu, mana yang Masalah dan mana yang tantangan?

Melainkan sebuah hati yang terlalu rentan untuk diuji dalam rentang waktu yang relatif singkat, adalah hati saya saat ini.

Menangis? Jujur, kali ini iya.

Cengeng ya. (Padahal udah semester 6. hehe)

Beberapa elemen dalam hidup saya semuanya terasa berkecamuk, entah dalam keadaan dinaikan derajat atau dalam fase diingatkan Allah untuk lebih bersabar, atau Allah sedang menjadikan semua ini ajang saya untuk latihan? Entah…

Tantangan merupakan sebuah hal yang jika cukup berani dan pandai mengeksekusi, maka hadapi. Namun jika cukup pengecut dan nyali teramat rendah, maka hindari. Jikalau tanpa iman, alangkah nelangsa yang saya rasakan akhir-akhir ini. Namun, berpegang erat pada iman inilah yang sanggup menjadi naungan saya dikala ombak dan badai mencoba membuat karam bahtera perjuangan saya.

Pertama, fitnah bertubi-tubi menghantam saya dikampus, mulai dari perihal Romansa, Jabatan, Permasalahan di kelas dan jurusan, Kegiatan Besar yang harus saya handle.

Kedua, sebuah konflik batin mengenai Pengubahan haluan ‘Peta Hidup’ di sisi Study, Prinsip, Keluarga, dan yang terakhir Cinta.

Ketiga, Kemampuan saya me-manage semua hal yang betul-betul turun drastis membuat beberapa hal ini bertambah kacau.

Ini Masalah, atau Tantangan?

Menurut saya, ini adalah Teguran, terkadang Tuhan menegur hambaNya bukan? Dengan berbagai macam cara. Saya mencoba introspeksi diri, mau baik ataupun buruk yang terjadi, andil kualitas pribadi saya pasti berperan besar dalam semuanya. Jadi, ketika semuanya menjadi seperti sekarang, Saya tidak boleh lari lalu menyalahkan suatu hal atau orang lain atas semuanya. Saya harus berani bertanggung jawab.

Menurut saya, ini adalah Ujian, Allah sudah menakar dimana saja elemen hidup saya yang sepertinya bisa ‘naik’ ke level berikutnya. Dan saya harus bisa ‘Naik Kelas’ kali ini. Tidak ada makhluk hidup yang tidak punya masalah detik ini juga. Ketika orang lain dengan ‘sok’ mengomentari “kok, hidup lo masalah mulu sih!”. Tenang, jawab saja “Artinya Allah itu sayang, karna Dia ingin saya terus menerus merangkak Naik, menjadi Individu yang selalu lebih baik setelah berhasil melalui ujian-ujian yang Dia berikan. Orang Hebat itu Ujian yang berhasil dilalui pasti bukan Ujian-Ujian yang biasa, kan?” Nah, itu prinsip sederhananya.

Menurut saya , ini adalah Hadiah. Seorang hamba yang berhasil melalui suatu hal dengan baik, akan terus menerus diberikan hal-hal lain untuk dihadapi. Allah itu Maha Bijaksana, Maha Penyayang pula, Dia memberi hadiah disetiap keberhasilan individu yang menghamba padaNya, bahkan yang membangkang pun Dia masih beri ijin untuk menghidup udara milikNya. Allah, Baik kan?

pada akhirnya kembali ke Persepsi dan Optimisme masing-masing orang. Ada yang bertubi-tubi diberi Allah suatu hal untuk dihadapi malah menyerah dengan diawali bersuuzon kepadaNya. Tidak senang hati menjalani. Ada juga yang diberi, lalu merasa ‘Aku bisa, dan Terima Kasih Allah’.

Jujur, saya pun tidak mengetahui langkah-langkah saya selama ini sudah benar atau masih keliru. Tapi yang pasti, semoga Allah menjaga saya dan iman saya untuk terus menerus melihat semua hal dari sisi baiknya. Menjaga semangat dengan apapun caranya.

Karena, saya tidak pernah mau menjadi pribadi biasa saja. Menurut saya, hidup ini harus luar biasa, minimal bisa dikenang kebermanfaatannya oleh orang banyak.

Bismillah, Akan ku coba dan ku kerahkan segala daya upaya, karena Allah sudah teramat baik untuk hambaNya yang kualitasnya masih sepertiku ini. Aku malu, kalau menyerah.

Oke, Allah. Aku percaya penuh.

10325282_568930319887099_1212347138051251409_n

#OptimisBerkarya

Harap tinggalkan pesan, kesan, bahkan pertanyaan.

