Perancangan Jalan dan Jembatan (D4 Teknik Sipil) POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA

Hai, HNreaders. postingan baru nih menjelang ujian semester 2. meski diribetin sama laporan dan tugas lainya, harus sempet buat publish tulisan ini.Karna tulisan ini mengenai program study yang saya jalani. dan sayang kalo banyak calon mahasiswa ga tau benefit nya masuk ke PJJ

Gedung Pendidikan Polsri

Politeknik Negeri Sriwijaya, adalah salah satu PTN di sumatera selatan khususnya di Palembang. Polsri dibangun dengan kerjasama bersama pemerintah Indonesia dan Swiss. Hingga sekarang memiliki 9 Jurusan (Rekayasa maupun Non rekayasa) dan 14 Program Study. Semua mahasiswa di PTN ini disiapkan dengan baik untuk dunia kerja. Beragam perusahaan ternama Indonesia mengadakan kerjasama dengan Polsri. baik itu kelas ademik ataupun merekrut lulusan Polsri.

Saya sendiri mahasiswi kelas Reguler di Jurusan Rekayasa yaitu Teknik Sipil, dan berprogram study di Perancangan jalan dan Jembatan. Prog, study saya ini sangat menguntungkan meski awalnya banyak yang bertanya sebelum saya mengambil pmp saya disini. “mona kan cewe? sanggup ?” saya dengan yakin jawab “saya suka tantangan, semakin banyak orang yang ga berani masuk PJJ artinya sedikit yang bisa memenuhi peluang berharga dunia kerja” ketika lulus kita bergelar Sarjana Sains Terapan (S.ST) dan bisa langsung lanjut ke s2 (M.ST)

Di PJJ kita diajarkan agar menjadi perancang untuk bangunan sipil. terkhusus lagi Jalan dan Jembatan, Matematika, kemampuan gambar, keseriusan, ketekunan, kerja team, kreatifitas, mau berkerja siang malam memang sudah syarat wajib mahasiswa PJJ. Dan hasilnya, yakin deh peluang buat kita kerja luas banget disegala bidang kita bisa kerja. Mulai dari yang berhubungan dengan teknik sipil, sampe yang ga ada hubungannya pun bisa. So, lets join with us!

untuk lebih jelasnya kunjungi polsri.ac.id

14 thoughts on “Perancangan Jalan dan Jembatan (D4 Teknik Sipil) POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA

  1. Wahh.. PJJ juga ya kakak ini..
    Waktu sama ambil jurusan ini,bnyak orang yang menyepelehkan saya, dan mngetawai jurusan yg saya ambil ini..
    Saya harus gmana kak?

    • hallo. iya dek, kakak juga pjj. kebanyakan masyarakat kita emang melihat peluang kerja hanya bisa didapat dg kuliah di perguruan tinggi dan jurusan yg familiar bagi mereka. kita tidak bisa memaksakan orang yg menghina itu untuk merubah pandangannya terhadap kita. kita hanya perlu belajar giat lalu sukses besar. pjj itu potensial, hanya politeknik terkemuka yg punya prodi pjj.peluang kerja diberbagai bidang masih besar. positive thinking aja dulu. sampai ketemu dijurusan ya dek. welcome…

      • Awalnya saya smpat minder kak dngn smua itu..tpi stelah saya baca2 mengenai tpjj dan juga blog kakak ni..rasa prcaya sy jadi meningkat..
        Makasih kak,salam kenal dri anak tpjj juga…
        Mw di P2MB ni aku kak…hahaha

    • Ass. Kak mau tanya nih soal pjj. kak kalo boleh tau, kalo kita mau milih pjj nilai yang di utamakan itu nilai apa ya kak? dan anak pjj banyak perempuan kan ?
      makasih kak sblumnya ::)

  2. wslm.. jika adek masuk dengan jalur ujian maka tentu saja seluruh mata pelajaran yang diujikan harus bisa dikuasai, sehingga bisa lolos. Tapi kalau ketika pembelajaran berlangsung di tahun awal kuliah, skill menghitung, analisa, dan menggambar akan sangat dilatih. dan semakin tinggi semester kita maka akan lebih mengkerucut materinya.

    Di PJJ sendiri populasi cewe memang sedikit, di kelas saya cuma 5, sisanya laki-laki. tpi setiap tahun terjadi peningkatan jumlah kok meski ga lebih dari sepuluh.

    • saya juga mahasiswa baru tahun 2014.. kalau di daerah saya PJJ diganti RJJ (rekayasa jalan dan jembatan) tapi sama kok D4 juga.. nah saya mencari cari peluang kerja dari sejak dini awal.. agar nanti klau udah lulus tidak cemas.. informasinya ya kakak.. tentang lowongan kerja..

      • wah. Halo Irfan! kakak juga belum orientasi cari lowongan kerja nih, tapi biasanya di Gedung Jurusan langsung dikasih brosur yang ditempel di Mading, jadi aksesnya langsung dibaca.
        Jarang ada lowongan kerja sejenis anggota team untuk proyek yang disebar di Internet, biasanya cuma perusahaan-perusahaan yang membutuhkan staff dari Teknik Sipil.🙂

    • halo mbak, saya sendiri kurang tau sistem kampus PNJ karna saya di Polsri. Namun setau saya sebagai mahasiswi Perancangan Jalan dan Jembatan, perbedaannya besar mbak. Kami di PJJ mempelajari tentang Jalan-Jembatan dalam segala aspek dan jenis. Disini Teknik Sipil D3 pun ada konsentrasi yaitu Air, Transportasi, dan Gedung. Jikalau di PNJ ada konsentrasi Jalan Tol mungkin mereka hanya fokus pada rules untuk Jalan Tol mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, hingga Pengawasan. *ini pendapat saya loh*😀

  3. Ass.. mf mbak, mau nanya, peluang diterima di PJJ POLSRI besar nggk? trus peluang kerjanya gimana? menjamin atau nggk?

    • Wassalamualaikum… Kalau peluang kerja pasti luas dek apalagi lelaki. Mbak sendiri belum wisuda, tapi temen mbak sudah banyak yang part-time saking menjanjikannya program studi ini. Dan alumnus pertama sudah kerja semua. Sedangkan mbak angkatan kedua.

    • Jawabannya tergantung pribadi aih dek.

      Kalau kamu selama sma Pinter minimal paham beberapa material Sains matematika Dan fisika, trus kamu orangnya rajin Dan beneran mencoba cinta sama PJJ. Bakalan jadi mudah kok kuliah. Gampang-gampang susah.

      Kalau kamu nilai materi hitungannya standard juga masih bisa survive kok di PJJ. Asal kamu rajin dan mencoba belajar, konsekuensinya harus rela belajar extra. Jadi kuliahnya susah susah gampang.

      PJJ ataupun Teknik Sipil sudah pasti terfokus sama Menghitung dan Menggambar. Hitungannya ada 70% mata kuliah, Gambar paling 10% namun disetiap semester menengah ke atas akan ada mata kuliah hitungan yg mewajibkan kita menggambarkan hasil.

      Tips dari kakak sih, di semester awal awal harus paham mata kuliah Mekanika Rekayasa dan Gambar Teknik, kalau dua itu bagus kuliahnya bagus.

      Mata kuliah kita juga banyak ttg sistem birokrasi proyek, lingkungan, bahasa, dll. Jdi kemampuan menghapal juga diperlukan kok.

      Good Luck ya!

Harap tinggalkan pesan, kesan, bahkan pertanyaan.

