anak Indonesia berprestasi di dunia Internasional

Indonesia yang terbentang luas dari sabang hingga merauke, memang menyimpan banyak bibit unggul diberbagai bidang. Ya, anak – anak Indonesia, apalagi para generasi Muda Indonesia tidak kalah bersaing di dunia. bahkan, tidak sedikit yang menjuarai kejuaraan kelas pemikir dunia, setelah Yohannes Surya yang memukau dunia dengan fisika nya. masih banyak anak Indonesia yang belum diekspoks ke public mengenai kecerdasan otak mereka. Nah, Mona mau kasih info mengenai beberapa di Antara Mereka !

  1. Peter Tirtowidjoyo Young, 14, anak SMP Petra 1 Surabaya, dan Andrew Tirtowidjoyo, 12, anak SD Santa Maria Surabaya, kakak beradik itu telah berhasil menjadi juara dalam Kompetisi Matematika tingkat Internasional. Saat mewakili Indonesia dalam International World Youth Matematic Intercity Competition (IWYIC), 25 – 29 Juli 2010 yg lalu, mereka berhasil menyisihkan utusan dari 26 negara lainnya dalam adu pintar dan adu cepat mengerjakan soal-soal matematika. Peter menyabet pernghargaan tertinggi dengan meraih emas tingkat anak SMP.Baik di nomor perorangan maupun tim, anak smp kelas tiga Petra 1 ini berhasil mengumpulkan 115 poin.
    Anak SMP kelahiran Surabaya, 29 Februari 1996 ini pernah juga didiskualifikasi dalam Olimpiade Matematika Nasional Pasad. Meski berhasil memenangkan Olimpiade itu, tapi karena syaratnya harus kelas tiga SMP sedangkan dia waktu itu baru kelas dua, maka akhirnya Peter pun didiskualifikasi. Peter bertekad mengukir prestasi sama di tingkat SMA nanti, karena selama ini belum ada anak SMA Indonesia yg berhasil meraih medali emas matematika.
  2. ICYS adalah lomba penelitian ilmiah remaja bergengsi tingkat dunia di bidang ilmu fisika, metematika, komputer, dan ekologi.  Kawan ingat KIR kan, Karya Ilmiah Remaja? Extra kurikuler jaman SMU dulu. Nah, ICYS ini adalah tingkat lanjutan dari lomba karya ilmiah remaja tersebut.  Karya-karya terbaik rekan kita di SMU akan diseleksi dan kemudian akan diikutkan dalam lomba karya ilmiah tingkat nasional  yaitu OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Nasional). Nah, dari pemenang OPSI inilah kemudian dikutkan dalam ICYS,  Lomba  karya ilmiah setingkat dunia, bersaing dengan berbagai Negara. Pada tahun 2005 di Katowice, polandia dan disini kita hanya meraih satu medali perunggu di bidang fisika. Kemudian pada tahun 2006 di Stuttgart, jerman, Tim kita meraih  dua perunggu dan lagi-lagi dalam bidang penelitian fisika. Tahun 2007, di Saint-Petersburg, Rusia,meraih satu medali perak di bidang fisika.
    Tahun 2008 di Chenivtsky, Ukraina, Tim Indonesia mulai makin meningkat lagi dengan meraih satu medali perak dan perunggu di bidang Ekologi, dua medali perunggu di bidang Fisika,  plus kita juga meraih special award sebagai Best Performance  di bidang bidang Fisika, Teaching in Physics di bidang Fisika, Most Creative Research di bidang Komputer dan Best Research di bidang Matematika. tahun 2009 kemaren, ICYS ke 16 di Pszczyna, Polandia, TIM kita INDONESIA meraih juara umum 6 medali emas (2 di bidang Fisika, 1 di Bidang Computer Sciences dan 3 di bidang Ekologi), 1 perak (Bidang Ekologi), dan 3 perunggu (2 di bidang Ekologi dan 1 bidang Matematika).
    Tahun 2010 ini, setelah akhirnya dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara ICYS ke -17 yang terlaksana di Bali, Tim INDONESIA akhirnya meraih juara umum lagi untuk kedua kalinya!!

    • Muhammad Kautsar (SMAN 6 Yogyakarta)/Dian Sartika Sari/Dhicha Putri Maharani/Hidayu Permata Hardi dengan judul  penelitian “Sweitenia Oil: The Use of Mahagony Seed os Bio-Oil Alternative and The Use of Production Waste as Electris Mosquito Repellent”
    • ·         Oki Novendra (SMAN 1 Bogor) dengan judul penelitian  “Mathematical Explaination on the Death of Michael Jackson”
    • ·        Dwiky Rendra Graha Subekti (SMA Theresiana 1 Semarang) dengan judul penelitian “Big Match: ‘ Suka Kelor’ Caramel vs Malnutrition”
    • ·        Sonny Lazuardi N (SMAN 5 Bandung) dengan judul penelitian “Portable Protection Everywhere”
    • ·        Miftah Yama Fauzan (SMAN 1 Sidoarjo) dengan judul “Development of Smart Electric Gun with Adaptive Bullet Speed”
    • ·        Florencia Vanya Vaniara (SMA Santa Laurencia Serpong, Banten) / Evelyn L.Wibowo dengan judul penelitian “Effect of Stem Cell and Mangosteen Peel Extact on Abnormal Cells
    • ·        Andreas Widi Purnomo (SMA Santa Laurensia Serpong, Banten) / Aldo Vitus Wirawan dengan judul penelitian “Green Energy Source: Centripetal Water Turbine”
    Peraih Medali Perak :  Aria Dhanang Dewangga (SMAN 5 Bandung)
    Peraih Medali Perunggu:
    • ·        Dita Nurtjahya (SMA Negeri 1 Sungailiat, Bangka Belitung),
    • ·        Fauqiah Tambunan (SMA Mutiara Bunda Bandung)/Bening Embun Pagi/Alan Suherman
    • ·        Rizal Panji Islami (SMAN 3 Bandung)/Fahmi Maulana Ainul Yakin/Ikhsan Britam
    Best Performance :
    • ·        Dwiky Rendra Graha Subekti (SMA Theresiana 1 Semarang) untuk bidang Environmental Sciences
    • ·        Ilham Naharudiansyah (SMA Lab School Kebayoran, Jakarta)/Ardelia Djati Safira/Satria Putra Adhitama untuk bidang Basic Mathematics

    Entah kebetulan atau apa, negara Jerman yang selalu difikir punya kemampuan Iptek yang cukup hebat di dunia selalu mengekor dibelakang Indonesia, dengan menduduki posisi kedua. Wahh mona,. Bangga dengan kecerdasan anak Bangsa !!

  3. tidak hanya dibidang Sains, dibidang film, musik, olahraga pun indonesia selalu menuai kesuksesan berkat anak – anak yang luar biasa ini. contohnya, salah satu karya anak indonesia berupa film pendek menang dikejuaraan film dunia.Film Pendek berjudul Save Water menang dikompetisi video MyView H2O yang digelar Bank Pembangunan Asia (ADB) karya Muhammad Zulqamar.Film tersebut dikemas secara jenaka seperti keadaan yang sering ada dilingkungan sehari – hari dengan itu memukau karna ada pesan yang tidak bisa dielakkan lagi dengan penyampaian film yang begitu luwes.

Harap tinggalkan pesan, kesan, bahkan pertanyaan.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s