Perkataan Saya

malam ini saya sangat bangga dengan setiap perkataan yang pernah saya ucapkan yang bisa menginspirasi orang lain. ketika salah seorang sahabat dekat saya tanpa sengaja berkata, bahwa ketika kami pisah perguruan tinggi dia menceritakan bahwa dia punya teman yang sangat menginspirasi (saya) kepada teman – teman barunya. itu sangat membuat hati saya merasa dihargai, mereka yang selama ini dekat dengan saya mengetahui hal – hal yang orang lain belum tentu pahami tentang saya.

saya juga ingat, tentang salman salah seorang sahabat saya juga, kami berteman semenjak kami SD, kami satu sekolah hingga kami lulus SMA. meski dia bisa lanjut kuliah tapi dia lebih memilih bekerja terlebih dulu. kami sama – sama keras, tapi entah kenapa sebagai sahabat kami saling mengerti kami saling peduli dan saya sangat menghargai ketika ia mengajak saya untuk selalu berdebat disetiap pesan singkat yang kami kirim, tapi itulah saya sadar bahwa ternyata dia selalu mendengarkan perkataan saya, dia menyangkal dan kami berdebat itu karna kami ingin saling mendengarkan, karna kami saling peduli. hubungan kami tidak seperti kebanyakan sahabat, kami hanya saling mendukung dengan cara kami masing – masing. kami sama – sama keras, tapi anehnya bisa saling menguatkan. dia menyadarkan saya juga bahwa saya didengarkan.

sama ketika kami sama – sama lulus, ketika dia mengatakan keputusannya untuk berkerja telebih dulu, kami berdiskusi ! dan saya memahami maksudnya, ketika dia mulai nekat ingin melakukan hal yang sejujurnya dia hanya membual dia dengarkan semua nasihat saya. hingga pada suatu ketika saya sedang mengalami sebuah masalah dan kami berdiskusi lagi melalui pesan singkat, dan dia mengatakan beberapa kalimat yang pernah saya kirimkan padanya. saya terdiam, saya pandangi itu beberapa saat, dan hati saya berkata ternyata perkataan saya bermakna dimata orang lain, ternyata ada hal yang bisa saya ubah dengan perkataan saya, ternyata saya sedikit demi sedikit sudah berhasil membantu orang lain untuk lebih baik, meski saya belum tentu lebih baik dibanding nya.

banyak hal yang membuat saya sulit beradaptasi dengan lingkungan baru, salah satunya karna “perkataan” sering ketika saya berkata hal – hal yang saya ketahui, atau yang saya rasakan, atau bahkan sekedar masukan untuk mereka, mereka sering bilang “bahasa mu ketinggian”, atau “hebat bahasa mu tapi penampilanmu tidak mencerminkan pemikiranmu yang sepertinya brilian itu” dsb, disaat seperti itu saya terkadang malah terdiam dan hanya bisa diam membiarkan mereka berspekulasi dan berpikir sesuai apa yang mereka ingin pikirkan tentang saya, namun satu hal mereka setidaknya membuat saya lebih yakin terlepas dari saya bisa menampilkan pemikiran saya itu atau tidak, saya mempunyai pemikiran itu, dan itu hal penting yang harus ditegaskan.

Perkataan, yang membuat orang bisa menilai kita. entah bagaimana bisa, beberapa orang yang sangat dekat, dekat, ataupun hanya saling sapa bisa menilai saya punya pemikiran dan perkataan hebat yang bisa menginspirasi atau tidak tapi saya yakin satu hal bahwa mereka mendengarkan saya, mereka mau percaya, itu sudah cukup. tinggal saya yang membiarkan waktu berkerja sama dengan saya untuk membuktikan bahwa itu bukan hanya sekedar perkataan, dan saya bisa mempertanggung jawabkan itu semua,.. perkataan saya

Harap tinggalkan pesan, kesan, bahkan pertanyaan.

